<-----"www.gunadarma.ac.id/"----->
<-----"www.gunadarma.ac.id/"----->

Senin, 09 November 2009

Mengenal lebih dalam otot kita

Semakin kita mengenal otot kita maka akan semakin mudah kita melatihnya. Jika kita melihat bagian otot, maka sebenarnya ada 600 lebih otot yang melekat pada tulang kita. Bagian-bagian ini saling menunjang satu sama lain dan saling mendukung untuk gerakan kita. Walaupun terdapat 600 lebih, tetapi kita bagi saja yang mudah kita lihat beberapa otot yang dominan kita lihat.
Otot besar dan otot kecil
Pembagian ini akan dipermudah pada yang bisa dilihat. Otot yang tergolong otot besar pada tubuh kita adalah otot dada, otot punggung dan otot kaki. Sedangkan otot yang tergolong otot kecil adalah otot biceps, triceps, bahu, dan perut. Pembagian ini sebenarnya hanyalah cara kita membagi dengan mudah tanpa ada indikasi yang jelas kecuali ukuran ototnya.
Mengenal Otot
Jika kita berbicara tentang otot dada, maka sebenarnya terdapat 2 otot baik disebelah kanan maupun disebelah kiri. Bagian otot dada pertama adalah pectoralis major yang terletak didepan. Sedangkan otot dada kedua adalah pectoralis minor yang terletak dibelakang pectoralis major. Jadi ketika kita melatih otot dada kita, sebenarnya otot tersebut tidak dibagi bagian atas dan bawah, melainkan depan dan belakang.
Bagian punggung yang terbesar adalah otot latissimus dorsi. Bagian otot ini jika dilatih dan mengembang maka membentuk seperti sayap dan bisa terlihat dari bagian depan tubuh anda. Inilah yang disebut bentuk V pada tubuh anda.
Bagian bahu dibentuk otot yang tepat diatas tangan, yaitu deltoid. Sedangkan otot yang terletak antara bahu dan leher adalah otot trapezius. Latihan yang anda lakukan antara otot deltoid dan otot trapezius berbeda. keuntungan melatih otot trapezius terutama adalah untuk orang kurus yang mempunyai leher (terlihat) panjang. Otot trapezius yang terlatih akan membuat leher anda terlihat lebih pendek dan lebih berisi.
Bagian kaki adalah bagian yang paling banyak ototnya. Paha memiliki otot quadriceps yang biasanya dilatih dengan squat dan lunges. Sedangkan otot betis atau calf terletak dibagian belakang tulang kering. Cara melatih otot betis ini umumnya dengan menggerakkan telapak kaki (dengan beban tentunya). Cara melatihnya bisa dilihat pada artikel Bentuk Betis Kokoh.
Yang sering orang salah persepsi adalah otot triceps dan biceps. Sering kali orang lebih mengutamakan otot biceps untuk dilatih. Padahal 2/3 dari otot pada lengan atas kita ada pada otot triceps. Dan ketika tangan anda selonjor kebawah (rileks) malahan triceps ini yang tampak lebih menonjol dan eyecatching. Sedangkan otot biceps hanya bisa dilihat ketika anda membuat pose seperti binaragawan (anda tidak mungkin melakukan itu terus, apalagi didepan umum khan?). Kedua otot tangan ini perlu dilatih seimbang agar tangan anda bisa tampak besar penuh.
Jenis otot terakhir yang kita bahas adalah otot perut. Otot perut yang biasa disebut six pack sebenarnya terdiri dari satu otot saja, yaitu abdominal. Sedangkan pada bagian samping tubuh, terdapat otot obliques. Ini adalah satu otot yang paling kuat dalam tubuh kita karena menunjang keseluruhan gerakan tubuh. Hanya saja, lemak paling suka menempel pada bagian ini sehingga akan membuat otot anda tertutup. Caranya untuk menyingkirkan lemak ini bukanlah dengan melakukan latihan crunch ribuan repetisi, tetapi dengan pola makan yang benar.
Berikutnya kita akan membahas tentang jenis-jenis latihan yang populer.

0 komentar:

Posting Komentar