<-----"www.gunadarma.ac.id/"----->
<-----"www.gunadarma.ac.id/"----->

Senin, 09 November 2009

Konstruksi masif di zaman modern

kalau di masa lalu kita punya borobudur, taj mahal, sampai taman tergantung..
maka di dunia modern ini konstruksi2 masih masih banyak dibuat dan di pertotonkan sebagai bangunan2 masif yang memiliki kegunaan untuk umat manusia bukan hanya sekedar simbolisasi saja

1. Barrier Di Venice
Venice mempunyai Barrier ( penghalang ) banjir terbesar di dunia. Proyek ini sebenernya telah menjadi perdebatan selama kurang lebih 40 tahun untuk melindungi kota historis ini di masa depan. Kota Venice secara perlahan tenggelam dan air disekitarnya mulai naik, banjir adalah hal yang paling ditakutkan para penduduk disana. Pada akhirnya Perdana Mentri menyetujui proyek tersebut, yang terdiri dari 80 barrier yang masing-masing barrier mempunyai luas 6.500 meter persegi.



2. The Bailong Elevator Di China
Zhangjiajie, Cina : The Bailong Elevator, lift ini merupakan lift dengan exterior terluas di dunia, dengan ketinggian mencapai 1,000 kaki lift ini terbuat dari kaca untuk memudahkan penumpangnya melihat pemandangan dari ketinggian. Satu-satu nya yang menjadi masalah adalah, dampak lift ini pada lingkungan disekitarnya pada masa depan.



3. The Millau Viaduct Di Prancis Millau, Perancis : The Millau Viaduct adalah jembatan tertinggi di dunia, ketinggiannya hampir 1,000 kaki ( lebih tinggi dari Menara Eiffel ! ), sampai-sampai awan pun bisa terlihat seperti gambar dibawah ini



4. bendungan Afsluitdijk belanda
dengan panjang hampir 30 km lebih memanjang membelah teluk sehingga menghubungkan antara ke dua ujung teluk agar ketika pasang belanda tidak terkena banjir


5. terusan panama

Terusan Panama adalah terusan yang memotong tanah genting Panama sepanjang 82 km, memotong Amerika Utara dan Amerika Selatan serta menghubungkan Samudra Pasifik dan Atlantik. Terusan ini memotong waktu tempuh kapal laut karena tidak perlu memutar lewat ujung selatan Amerika Selatan



6. Large Hadron Collider (LHC) swiss
LHC yang berada di bawah pegunungan Alpen, perbatasan Swiss dan Perancis, merupakan percobaan fisika terbesar di dunia. Biaya konstruksi untuk pembangunan fasilitas ini mencapai 8,8 miliar dollar ASn yang didanai oleh European Organization for Nuclear Research (CERN) bekerja sama dengan ribuan universitas dan laboratorium di seluruh dunia.


gambar menunjukkan luas labratorium LHC

7. Gedung Burj Dubai
akan menjadi gedung tertinggi di dunia, mengalahkan gedung Taipei 101 di Taiwan yang saat ini tercatat sebagai gedung tertinggi di dunia dengan tinggi 508 meter.


8. Bangunan terbesar di dunia adalah Tropical Islands Resort di dalam bangunan di Halbe, Jerman. Merupakan bangunan berkubah terbesar di dunia.


9. Bangunan berpenopang terbesar di dunia adalah The Venetian Macau (980 000 sq m), sebuah kasino di Macau, Cina.



10. Struktur terbesar menurut luas di dunia adalah Terminal 3 Bandar Udara Internasional Beijing, Cina dengan luas 1.3 juta meter persegi.



11. Struktur terbesar menurut panjang di dunia adalah Terminal Bandar Udara Internasional Kansai di Osaka, Jepang sepanjang 1700 meter.

0 komentar:

Posting Komentar