<-----"www.gunadarma.ac.id/"----->
<-----"www.gunadarma.ac.id/"----->

Minggu, 25 Oktober 2009

Reference : Film’s Concept On Building

UFA Cinema Center

Dresden, Germany

Modernisme dengan dominasi rasionalitasnya dianggap membatasi arsitek dalam menjelajahi kemungkinan bentuk-bentuk baru dalam bahasa arsitektur. Oleh karena itu, Coop Himmelb(l)au berusaha mengeksplorasi dan mencari kemungkinan-kemungkinan lain dalam “bahasa arsitektural”. Coop Himmelb(l)au berusaha menciptakan perubahan mendasar pada arsitektur, urbanisme, struktur, dan tektonik. Dapat dikatakan Coop Himmelb(l)au berusaha mencari ”arsitektur yang merdeka”.

Walaupun cara-cara pemikiran dari geometri beserta dengan aturan atau kaidah yang ada di dalamnya bersifat mengikat, namun hasilnya pada akhirnya akan membawa kita ke dalam suatu kebebasan bentuk dan ekspresi, yaitu dunia arsitektur yang merdeka. Karena yang kita rasakan adalah form dan experience dalam bentuk ruang 3 dimensional dan waktu (space and time).

Coop Himmelb(l)au pada sebuah fungsi pusat kegiatan sinema di Dresden Jerman. Design ini mencoba mengambil konsepsi film sebagai jendela untuk menatap dunia yang diajukan oleh Andre Bazin- seorang kritisi film Perancis. Melalui konsep inilah yang diterapkan pada seluruh fasade bangunan dalam artian definisi dinding dikaburkan (ambigu) melalui penggunaan bahan transparan. Selain itu konsep lain yang diajukan adalah bangunan berfungsi sebagai medium bukan dalam artian memproduksi medium atau film melainkan sebagaimana layaknya juga film sebagai media.

Desain yang dicirikan oleh dua unit gedung intricately, yakni:
- The Cinema Block, dengan delapan bioskop dan tempat duduk untuk 2600
- Crystal, gelas tempurung yang sekaligus berfungsi sebagai lobi dan publik persegi.

More Images

Technical data:

Site Area: 1.846,5 m2
Floor Area: 6.174 m2
Built-up Area: 1.522 m2
Cubage: 53.725 m3
Competition: 1993
Start of Planning: 2/1996
Start of Construction: 3/1997
Completion: 3/1998

Architect:

Merupakan duo solid Wolf D. Prix & Helmut Swiczinsky yang tergabung dalam firma COOP HIMMELB(L)AU, sebuah firma arsitek yang berlokasi dari Vienna, Austria.

1 komentar:

ardi prasetyo on 25/10/09 12:04 PM mengatakan...

kapan ya sekiranya saya bisa seperti ini

Posting Komentar